Analisis Kebutuhan Media APE tentang Literasi Baca Tulis: Penjelajah Literasi Kata "PELITA"
Analisis Kebutuhan Media APE tentang Literasi Baca Tulis: Penjelajah Literasi Kata (PELITA)
Konsep APE: Penjelajah Literasi Kata dengan dadu huruf, flash card dan papan huruf
Tujuan APE: Meningkatkan kemampuan literasi baca tulis pada anak usia dini.
Komponen APE:
- Dadu Huruf:
- Terdiri dari 4 atau 6 sisi, dengan huruf berbeda di setiap sisi.
- Huruf yang digunakan disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak.
- Bisa dibuat dari berbagai bahan, seperti kayu, plastik, atau kardus.
- Flash Card: berisi kartu kata atau nama benda yang sesuai dengan dadu yang dimainkan dan isi perintah sederhana dalam permainan tersebut.
- Papan Huruf:
- Berisi kotak-kotak kosong untuk menyusun kata.
- Jumlah kotak disesuaikan dengan panjang kata yang ingin disusun.
- Bisa dibuat dari berbagai bahan, seperti kayu, plastik, atau kardus.
Kegiatan:
- Anak melempar dadu huruf.
- Anak melihat huruf yang keluar pada dadu.
- Anak menyusun kata dengan huruf yang keluar pada dadu di papan huruf.
- Anak membaca kata yang telah disusun.
- Anak dapat menggunakan kartu kata untuk mengambil langkah selanjutnya.
Analisis Kebutuhan:
Media Ajar:
- pembuatan media yang mudah dan aman bagi anak.
- Dadu huruf dan papan huruf yang menarik dan mudah digunakan.
- Petunjuk penggunaan yang jelas dan mudah dipahami.
- Variasi kegiatan yang menarik dan menantang.
Anak:
- Meningkatkan kemampuan motorik halus yang cukup untuk memegang dadu dan menyusun huruf.
- Meningkatkan pengetahuan tentang huruf dan kata.
- Meningkatkan minat dan motivasi untuk belajar membaca dan menulis.
Pendidik:
- Memiliki pengetahuan tentang literasi baca tulis.
- Mampu menggunakan media ajar dengan efektif.
- Mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Kesimpulan:
Media ajar Penjelajah Literasi Kata (PELITA) dengan dadu huruf dan papan huruf dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis pada anak usia dini. Media ajar ini harus dirancang dengan menarik dan mudah digunakan, serta kegiatan yang bervariasi untuk menarik minat dan motivasi anak. Pendidik juga perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk menggunakan media ajar ini dengan efektif.
Saran:
- Media ajar ini dapat dimodifikasi dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak.
- Pendidik dapat membuat kegiatan yang lebih kreatif dan inovatif untuk menggunakan media ajar ini.
- Orang tua dapat menggunakan media ajar ini untuk membantu anak belajar membaca dan menulis di rumah.
Komentar
Posting Komentar